Logo Rabu, 8 Desember 2021
images

Administrasi sekolah dengan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP)

Efnews.id - 10 September 2021, Sebagai institusi pendidikan, sekolah harus menjalankan fungsinya dengan tepat, guna membangun masa depan bangsa melalui anak-anak yang berprestasi. Administrasi Sekolah perlu dikelola dengan baik supaya kinerja institusi pendidikan bisa optimal. Pada dasarnya, Administrasi Sekolah adalah seluruh proses pengelolaan, mulai dari pengendalian, pengurusan dan pengaturan berbagai cara atau usaha supaya tujuan sekolah bisa terlaksana dengan baik.

Pada pelaksanaan Administrasi Sekolah, segenap sumber daya sekolah harus diatur dan didayagunakan secara efektif dan efisien. Selain itu, karena Administrasi Sekolah berhubungan erat dengan surat menyurat atau arsip, data maupun informasi harus tercatat dengan tepat, akurat dan disajikan tepat waktu. Untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, pemerintah menerapkan standarisasi sistem pendidikan yang harus diterapkan oleh seluruh instansi pendidikan di Indonesia.

Program tersebut adalah Standar Nasional Pendidikan(SNP) yang kemudian menjadi dasar bagi pemerintah untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan. Dengan melaksanakan standarisasi tersebut, diharapkan bisa terjadi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
Dalam penyusunannya, Standar Nasional Pendidikan sudah disempurnakan dengan penuh perencanaan, terarah, dan berkelanjutan menyesuaikan perubahan kehidupan yang terjadi dalam skala nasional maupun global. Adapun Standar Nasional Pendidikan yang dimaksud, terbagi dalam 8 hal, yaitu:

- Standar Isi; Berkaitan dengan pelaksanaan dan pengembangan kurikulum.

- Standar Proses; Berkaitan dengan proses pelaksanaan pembelajaran.

- Standar Penilaian Pendidikan; Berkaitan dengan penilaian, analisis, dan evaluasi hasil belajar peserta didik.

- Standar Kompetensi Lulusan; Berkaitan dengan pencapaian standar, hasil belajar peserta didik.

- Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan; Berkaitan dengan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik.

- Standar Pengelolaan; Berkaitan dengan pengelolaan seluruh elemen di institusi pendidikan.

- Standar Pembiayaan Pendidikan; Berkaitan dengan anggaran sekolah.

- Standar Sarana dan Prasarana; Berkaitan dengan infrastruktur institusi pendidikan.

Indikator 8 Standar Nasional Pendidikan ini menjadi tolok ukur bagi institusi pendidikan untuk mengurus akreditasi sekolah. Pihak sekolah perlu menyiapkan sejumlah dokumen dan bukti fisik sebagai bukti nyata bahwa institusi pendidikan terkait sudah memenuhi tiap elemen standarisasi. Tiap-tiap elemen Standar Nasional Pendidikan sudah tertuang dalam Permendiknas. Juga bisa melihat daftar Permendiknas yang mengatur program Standar Nasional Pendidikan di situs BSNP.
(Maruap Sianturi, PEDULI PENDIDIKAN)