Logo Minggu, 27 November 2022
images

Bedah Buku "Biografi Syaikhona Muhammad Kholil Guru Para Ulama dan Pahlawan Nasional", Mengusung Tema : Refleksi Sejarah King Maker Dibalik Tokoh-tokoh Nusantara

Efnews.id - Kota Malang - Rabu, 31 Agustus 2022 - Siang ini Republik Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Humaniora Tahun 2022 menggelar acara bedah buku. Bedah buku yang digelar ini adalah Bedah Buku ‘Biografi Syaikhona Muhammad Kholil Guru Para Ulama dan Pahlawan Nasional’. Acara ini mengusung tema ‘Refleksi Sejarah King Maker Dibalik Tokoh-tokoh Nusantara’.

Dilaksanakan di Home Theater Fakultas Humaniora, bedah buku ini dihadiri langsung oleh Narasumber yaitu K.H. Ismael Kholilie, DR. Muhaimin, M.Pd (Penulis), K.H. Yahya Al Ghazali, dan Fathul H. Pranata Praja (Budayawan & Ketua Lesbumi Kota Malang). Selain para narasumber, acara ini dihadiri juga oleh para dosen , mahasiswa dan tokoh-tokoh  ormas Kota Malang. Ahmad Diny Hidayatullah ditunjuk sebagai moderator dalam bedah buku siang ini.

Sebagai penulis buku “Biografi Syaikhona Muhammad Kholil Guru Para Ulama dan Pahlawan Nasional”, DR. Muhaimin, M.Pd menegaskan kesulitan mencari informasi tentang Syaikhona Muhammad Kholil karena belum ada buku yang menuliskan tentang beliau sebelumnya.

 

“Dari kesulitan itulah, maka saya sebagai penulis menegaskan jika ada penulis lain yang menuliskan tentang Syaikhona Muhammad Kholil maka dapat di pastikan buku tersebut sudah pasti plagiat dari tulisan kami”, terang DR. Muhaimin, M.Pd.

Sedangkan menurut  K.H. Ismael Kholilie bahwa Syaikhona Muhammad Kholil adalah tokoh yang nasionalis yang bisa menerima keberadaan dan keberagaman budaya dan agama orang lain.  

“Hal ini terlihat dari santri-santri beliau yang nasionalis. Karena perilaku murid itu berasal dari gurunya”, terang K.H. Ismael Kholilie.
K.H. Ismael Kholilie dan K.H. Yahya Al Ghazali ternyata adalah keturunan Syaikhona Muhammad Kholil.

 

Sementara K.H. Yahya Al Ghazali menerangkan bahwa Syaikhona Muhammad Kholil bukan hanya tokoh nasional, tapi juga merupakan tokoh internasional. (redaksi)