Logo Kamis, 5 Agustus 2021
images

Cara mengecek kesehatan harddisk laptop menggunakan Aplikasi Harddisk Sentinel

Efnews Malang - Salah satu perangkat keras pada komputer adalah hard disk. Harddisk merupakan perangkat keras komputer yang sangat dibutuhkan yang berfungsi sebagai media penyimpanan data maupun penyimpan program aplikasi. Harddisk ada beberapa jenis, ada yang seri ATA, SATA dan SSD yang kecepatan membaca data sangat cepat.

Masing-masing hard disk ini mempunyai kapasitas dalam menyimpan data berbeda, ada 100 gb, 250 gb, 500 gb bahkan lebih dari 1 tb. Semakin besar kapasitas hard disk maka penyimpanan data yang akan ditampung semakin besar.

Penyebab kerusakan hard disk antara lain suhu panas. Sirkulasi udara yang tidak lancar dan suhu di ruang komputer menjadi panas akan mempengaruhi kinerja hard disk. Hard disk lambat dalam membaca data. Penyebab lain adanya guncangan ketika hard disk bekerja. Adanya guncangan pada komputer atau laptop dapat menyebabkan head pada waktu membaca data akan bergesek sehingga mengakibatkan bad sector.

 

Kemudian, komponen hard disk rusak. Penyebab dari komponen rusak ini di antaranya pada waktu kita mematikan komputer tidak sesuai prosedur. Asal ditekan tombol power sehingga hard disk yang sedang bekerja akan berhenti mendadak dan head akan menggores piringan hard disk. Dari keterangan penyebab kerusakan hard disk tersebut maka kita harus paham dan tahu betul merawat hard disk di komputer atau di laptop kita. Jangan sampai tiba-tiba hard disk kita mati dan data kita tidak terselamatkan.

 

Di internet ada program aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui kesehatan hard disk yaitu “Hard Disk Sentinel”.

Hard Disk Sentinel adalah software yang dapat memonitor dan mengecek kondisi hard disk Anda sehingga kita akan dapat memantau kondisinya apakah masih sehat atau sudah waktunya kita ganti. Hard Disk Sentinel adalah sebuah solusi proteksi data yang sempurna.

Software ini bisa dipakai secara efektif untuk mencegah kegagalan HDD dan kehilangan data SSD/HDD karena aplikasi ini mempunyai sistem peringkat kesehatan hard disk yang sangat sensitif terhadap permasalahan yang terjadi di seputar disk. Versi profesional perangkat lunak ini mempunyai pilihan cadangan disk ketika adanya masalah terjadi maka secara terjadwal dan otomatis untuk mencegah kehilangan data yang disebabkan karena adanya kegagalan atau yang yang dibuat malware.

HD Sentinel memberikan deskripsi tertulis yang komplit, memperlihatkan berbagai tips serta memberikan tampilan/laporan mengenai informasi secara menyeluruh mengenai hard disk dan keseluruhan perangkat keras baik di dalam komputer maupun perangkat eksternal (USB/e-SATA). Software ini juga memberikan banyak tanda peringatan (alerts) dan laporan yang memastikan keselamatan maksimal dari semua data berharga (http://www.teknody.com/hard-disk-sentinel).

 

Fitur-fitur unggulan Hard Disk (HD) Sentinel : monitor performa hardisk secara realtime. Memeriksa kondisi dan kesehatan hardisk. Mendeteksi umur dan usia dari hardisk. Tweaking fitur hard disk (advance). Menampilkan informasi yang lengkap dari sebuah hardisk. Support sistem 32 bit dan 64 bit. Setelah program hard disk sentinel terinstal lengkap, secara otomatis program tersebut akan berjalan dan kesehatan mendeteksi hard disk yang ada di komputer kita. Pada kinerja akan menerangkan kinerja hard disk, kalau menampilkan 100 persen berarti kinerja hard disk yang di komputer tersebut baik.

Pada menu kesehatan menampilkan 100 persen berarti hard disk kita kondisi baik tidak ada kerusakan yang terjadi. 


Sumber : radarsemarang.id