Logo Rabu, 19 Januari 2022
images

Deklarasi pelantikan pengurus Forum Jurnalis Batak (FORJUBA)

Efnews.id - Bekasi - 07 Desember 2021
FORJUBA Lahir Demi Membangun Kebersamaan Tak perlu disangsikan lagi, orang Batak dikenal satu suku yang diberkahi Tuhan, orang-orang bertalenta luarbiasa hebat, cakap berkomunikasi baik lisan maupun tulisan. Tak heran banyak orang Batak jadi jurnalis, advokat, diplomat, politisi, pembawa acara, pendeta, penceramah, jaksa dan hakim yang memang membutuhkan keterampilan berkomunikasi. Bersyukurlah jika orang Batak di negeri ini diperhitungkan tentu oleh karena berkah talenta yang diberi Tuhan termasuk berprofesi jurnalis. Hanya saja potensi itu tak begitu greget karena tak bersama-sama saling sinergi.

Tentu sajalah amat sangat kuat jika sesama jurnalis asal Batak itu saling sinergi, dan kekuatan makin purna jika terbangun kebersamaan. Sekaitan dengan itu, para jurnalis asal Batak mendirikan Forum Jurnalis Batak (FORJUBA) untuk tempat atau wadah saling berkerja sama oleh karena sadar betapa kuatnya jika bersama, dan rapuh jika hanya tersendiri. Sebagaimana kita tahu Bersama, sebentar lagi kita ke era 5.0. tentu akan muncul nilai baru dengan elaborasi dan kerja sama yang terbangun. Apalagi di masa-masa sekarang generasi milenial mempunyai tantangan sendiri menghadapi era revolusi digital. Maka mau tidak mau dalam era globalisasi, kerja sama sangat diperlukan guna saling menguatkan. Salah satu alasannya karena keterbatasan sumber daya yang dimiliki. Sinergi itu penting. Jurnalis juga harus bekerjasama.
Pun kelahiran FORJUBA lahir atas kerinduan adanya kebersamaan, para jurnalis Batak saling mendukung dan membantu sesama rekan. Tentulah diharapkan kehadirin FORJUBA untuk membawa misi membangun kebersamaan.

Menariknya sejumlah jurnalis senior ada sini seperti; Ch Robin Simanullang, Jansen Sinamo, Panusunan Simanjuntak, Hasudungan Sirait, Tony Rons Hasibuan, Jonro I Munthe, Ludin Panjaitan, Darwin Situmorang. Sudah tentu juga ketua umumnya, Jamida Pasaribu, sosok jurnalis yang setia di profesinya. Dan di FORJUBA tergabung banyak media, baik dari media umum, media komunitas Batak dan media Kristiani. Lagi, menegok sekilas ke belakang, sebenarnya, niat untuk mendirikan semacam wadah bagi jurnalis Batak sudah lama ada terpendam di hati para senior. Kerinduan itu dimulai sejak 19 Oktober 2018, pertemuan beberapa orang di Lapo Ondihon, Pramuka, Jakarta Timur mengungkapkan kerinduan tersebut, ingin ada wadah Batak.
Hasil dari perjumpaan itu sepakat untuk mengundang teman-teman yang lain untuk berkumpul. Hanya kemudian semangat itu kendor kembali. Bahkan, berkali-kali juga bertemu untuk memanaskan api semangat, namun sepertinya tak mudah untuk membangun sehati-sepikir dan sejiwa.
Singkatnya lahir nama Forum Jurnalis Batak dengan proses yang tak mudah juga. Soal kesepakatan peberian nama, saat itu ada tujuh nama yang sempat digodok, namun nama Forum Jurnalis Batak itulah yang disepakati mengingat nama jurnalis yang lebih mantab.

Selanjutnya digelar rapat pada Jumat, 6 Maret 2020, hal ini bisa disebut rapat perdana. Hadir waktu itu 14 orang, dan sepakat waktu itu menunjuk Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB). Ketua Jamida Pasaribu, Sekretaris Hotman J Lumban Gaol (Hojot Marluga), Bendahara Rifal Marbun. Sejak saat itu sudah dirancang segera deklarasi, namun kendala pandemi Covid-19, situasi menjadi berubah karena pertengahan Maret 2020 sudah diberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar oleh pemerintah. Padahal, saat itu panitia belum sempat terbentuk dan rencana yang seogianya diskusi dan deklarasi dilaksanakan April 2020 pun batal. Rencana deklarasi tiga kali gagal. Di tengah perjalanan persiapan deklarasi yang beberapa kali direncanakan selalu gagal, namun KSB yang terpilih berupaya untuk mengurus legalitas.

Namun demikian, puji syukur dengan proses yang tak mudah forum telah terlegalitas, dan mendapat AHU-0001745.AH.01.07. Tahun 2021. Tepatnya, 10 Februari 2021, dari Kementerian Hukum dan HAM dengan pengesahan badan hukum Perkumpulan Forum Jurnalis Batak disingkat FORJUBA.
Alih-alih, sejak awal kelahirannya sudah dirancang segera dideklarasikan dengan membentuk kepanitiaan lengkap, lagi-lagi deklarasi gagal. Tentu kegagalan deklarasi juga tentu diperkuat oleh Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah. Rencana deklarasi sudah tiga kali direncanakan. Awalnya deklarasi, 9 Oktober 2020 bertempat di Hotel Santika, Taman Mini, Jakarta Timur. Kepanitiaan pun disusun lengkap. Hanya kemudian gagal, panitia pun bubar. Lalu deklarasi kedua direncanakan di Gedung Joang, Menteng, Jakarta Pusat, itu pun gagal. Deklarasi ketiga direncanakan di Gedung Pramuka Cibubur, bahkan, sudah ada peninjauan lokasi, itu pun gagal.

Puji syukur, sejak diumumkan pemerintah Pandemi sudah mulai surut dan Jakarta di PPKM level 1. Atas alasan itu, KSB dengan segera mengusahakan menggelar deklarasi sederhana, sebelum melewati Tahun 2021. Sudah tentu banyak kekurangan selain kekurangan personil dan waktu yang terbatas. Maka acara Deklarasi dan Pelantikan Pengurus Forum Jurnalis Batak bisa digelar, dan dipilihlah hari Kamis, 9 Desember 2021 bertepatan Hari. Bertempat di Sopo Marpingkir, Pulo Gebang, Jakarta Timur. Tim kecil panitia sudah berupaya menghadirkan deklarasi ini dengan memberi dampak positif, diantaranya mewanwancarai beberapa tokoh Batak tentang pendapat mereka soal lahirnya forum ini. Dari para pejabat, mantan pejabat dan para politisi. Ada beberapa sosok yang memberi bekal semangat, bapak Ir Soekirman, seorang mantan Bupati Deli Serdang Bedagai, sangat cinta budaya Batak, salah satu yang sangat senang hadirnya forum ini. Pun pendapat Dr Hinca IP Panjaitan menyebut FORJUBA harus menjadi “partungkoan,” wadah berdiskusi bagi para jurnalis asal Batak.
Maka, boleh disebut juga kelak FORJUBA menjadi semacam tempat persamaian calon-calon jurnalis Batak nantinya. Itu juga pendapat senior junalis, Elman Saragih SE, Kepala Dewan Redaksi Media Group menyambut baik kehadiran forum ini. Pesannya, jadikan FORJUBA menjadi kekuatan untuk membangun. Tentu beberapa tokoh diundang hadir pada acara deklarasi. Akhirnya, kita berharap deklarasi yang sederhana ini bisa menjadi pertanggung-jawaban moral pada publik, bahwa FORJUBA hadir untuk membangun kebersamaan.

FORUM JURNALIS BATAK
Sekretariat: Jl. Jenderal R.S Soekamto No.60, Pondok Kopi, Jakarta Timur
Email:forumjurnalisbatak@gmail.com
Youtobe: ForjubaTV
Facebook: Fjb Forjuba
Narahubung Sekretaris: 081316518619