Logo Selasa, 22 Juni 2021
images

DR. RJ satu-satunya anggota DPRD Kota Malang yang hadir di Forkom OMB menolak berikan sambutan di Hari Lahir Pancasila

Efnews Malang - Ada apa dengan anggota DPRD Kota Malang ? Di depan balaikota Malang puluhan ormas bersatu, dalam aksi peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati kemarin (1 Juni 2021). Namun, satu-satunya anggota DPRD Kota Malang yang hadir, DR. JR, yang juga merupakan dosen sebuah PTS (Perguruan Tinggi Swasta) menolak berikan kata sambutan.

Sementara, ke-44 anggota DPRD Kota Malang yang lain juga tidak tampak hadir dalam aksi ini.

Tentu saja hal ini membuat sedih dan kecewa ratusan peserta aksi yang hadir di situ. Seharusnya, dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ini, anggota DPRD juga ikut menyuarakan kepada masyarakat luas tentang pentingnya memahami, menghafal, dan mengamalkan sila-sila dalam Pancasila. Sebagai salah satu wujud rasa cinta tanah air.

Namun, bak gayung tak bersambut, harapan ormas-ormas Malang ini tidak mendapat respon seperti yang diharapkan. Dengan membawa rasa kecewa, sedih, ormas-ormas ini tetap melanjutkan aksi dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, yang merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Menurut beberapa pimpinan ormas di Malang, dalam sebuah group aplikasi Whatsapp, DR. JR menyampaikan " Disitu ada puluhan ormas yang hadir. Saya lebih mengutamakan mereka yang sudah secara tulus menyelenggarakan acara itu." katanya.

"Jangan sampai terkesan seseorang menunggangi acara orang lain, atau bahkan mungkin 'membeli' panggung orang lain.  Harusnya sampeyan klarifikasi dulu ke saya" dalihnya.

Jawaban yang cukup mengejutkan dari seorang anggota dewan yang merupakan wakil rakyat, yang masih membawa amanat rakyat, bukan partai atau golongan.

Sangat berbanding terbalik dengan harapan masyarakat pada saat itu. Kumpulan ormas yang awalnya bangga ada dewan yang hadir pada acara tersebut langsung berubah sedih ketika sang dewan menolak untuk menyampaikan kata sambutan.

 

 

Reporter :  M. Simamora