Logo Selasa, 27 September 2022
images

Gus Din Praktisi UMKM Apresiasi Trenggalek Fashion Week 2022 di Museum Tekstil, Saatnya Produk Lokal Go Internasional

 

Efnews.id - Jakarta - 'Merayu Trenggalek Fashion Week (MTFW) 2022' di Museum Tekstil Jl. KS Tubun No 2-4 Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada 20-21 Mei 2022 berlangsung sukses. Selain itu juga mendapatkan apresiasi dari Syafrudin Budiman SIP (Gus Din) Tokoh dan Pemerhati UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang hadir dan ikut membeli batik hasil produk UMKM Trenggalek.

Gus Din sapaan akrabnya juga memberikan support dengan membantu mempromosikan Trenggalek Fashion Week 2022 lewat media online dan media sosial. Dimana konsultan dan pengusaha media ini ikut memotret dan menvideokan setiap momen saat pembukaan, Jumat (20/05/2022) di Museum Tekstil, Jakarta Pusat.

"Saya hadir kesini (red-MTFW 2022) atas undangan Ibu Trisya Suherman Ketua Umum Yayasan Global CEO Indonesia. Kebetulan acara ini cocok dengan kiprah saya yang selama ini bergelut di dunia UMKM," ujar Gus Din penuh senyum.

Politisi muda yang aktif sebagai Ketua Umum DPP Partai UKM Indonesia ini juga keliling melihat stand-stand di bazar MTFW 2022. Gus Din berencana membangun kerjasama jaringan dalam rangka promosi produk, agar dikenal dan disukai hasil kerajinan atau produksi hasil UMKM.

"Saya sudah membeli batik di MTFW 2022, yang mana karyanya sangat bagus dan rapi. Kedepan kita akan membantu memasakaran dan minimal menjadi konsumen tetap  Selain itu ada produk kopi dan camilan yang juga saya lirik untuk dipasarkan ke jaringan UMKM dan Koperasi," jelas Gus Din 

Katanya, dirinya juga sudah berbincang-bincang dan mewawancarai Mochamad Nur Arifin Bupati Trenggalek dan istrinya Novita Hardini Mochammad selaku founder Merayu dan UPRINTIS Indonesia. Gus Din mengucapkan selamat dan sukses, serta mengapresiasi atas kinerja Bupati yang mengangkat UMKM naik kelas.

"Saya sangat mendukung acara Trenggalek Fashion Week 2022, agar terus bisa terlaksana enam bulan sekali atau sekurang-kurangnya 1 tahun sekali. Agar para pelaku UMKM mendapatkan ruang promosi yang bisa menambah konsumen dan pemasaran produk," dukung Gus Din.

Merayu Trenggalek Fashion Week 2022 Ajang Promo dan Penguatan UMKM

Acara Trenggalek Fashion Week 2022 ini diinisasi Novita Hardini Mochammad Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranesda) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur tampil sukses dan gemilang. Acara yang di juga di backup brand Merayu rintisan Novita Hardini Mochammad istri Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin (Cak Ipin/Mas Ipin).

Bahkan kata Cak Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek yang turun langsung ke acara untuk mengapresiasi kegiatan MTFW 2022. Baik itu berupa pameran, fashion show, bazar dan promosi produk UMKM.

Kata Mochamad Nur Arifin dalam Pembukaan, Jumat (20/05/2022) mengatakan, kegiatan megah sengaja memboyong para kepala dinas di lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Dimana ia meyakini kegiatan ini mampu membangkitkan ekonomi pasca badai pandemi Covid-19.

“Ini sebagai ikhtiar pemulihan ekonomi Nasional, karena Jokowi sudah berkoordinasi dengan maksimal untuk bisa mengendalikan covid-19. Dan saat ini adalah momen yang pas untuk pemulihan ekonomi,” kata Cak Ipin saat doorstop.

Mochamad Nur Arifin mengaku merujuk Keputusan Presiden (Kepres) yang dikeluarkan Presiden Jokowi untuk mendorong dan memaksimalkan pemakaian produk lokal, khususnya dari Bumi Menak Sopal Trenggalek.

“Momentum ini untuk kami ambil, biar produk lokal bisa membangun branding dengan masyarakat Jakarta,” kata Cak Ipin 

Saat doorstop Novita Hardini Mochamad yang juga Founder UPRINTIS menambahkan, bahwa MTFW ini adalah sebuah proses untuk membuat produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dibawa dari hulu ke hilirnya.

“Ini sebuah ikhtiar untuk menyambungkan UMKM lokal dengan Jakarta dan selanjutnya bisa menjadi business matching atau kecocokan bisnis sehingga selanjutnya bisa berkolaborasi,” jelas Novita yang dikenal istri Bupati Trenggalek ini.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranesda) Kabupaten Trenggalek ini berharap Merayu Trenggalek Fashion Week 2022 dapat semakin memperkenalkan pesona Trenggalek sebagai lokal wisdom Jawa Timur sekaligus mendongkrak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat.

MTFW 2022 sendiri merupakan annual event yang Insya Allah akan terus diselenggarakan setiap tahunnya, agar seluruh potensi daerah dan masyarakat Trenggalek, khususnya pelaku UMKM “naik kelas”, sehingga mampu bersaing ditingkat nasional dan internasional.

“Syukur Alhamdulillah, puncak acara yakni fashion show yang di ikuti oleh berbagai perancang busana nasional dimana kain batik canting khas Trenggalek menjadi bahan baku utamanya, membuat decak kagum para pengunjung khususnya pencinta fashion tanah air yang datang dari berbagai daerah di Indonesia,” kata Novita akrabnya.

Kata Novita, hampir sebagian besar batik khas Trenggalek, disulap menjadi busana cantik bergaya Belanda, dimana kain yang menjadi warisan budaya tanah air itu, tampak cantik dan anggun dipandang.

"Tidak berlebihan apabila kain batik yang dilukis canting oleh tangan-tangan perempuan Trenggalek, memiliki nilai lebih, mulai dari sisi keindahan, warna, kwalitas bahan kain yang digunakan, termasuk filosofi sejatinya batik Trenggalek," pungkas Novita perintis dan penggerak UPRINTIS Indonesia ini. (RK)