Logo Selasa, 22 Juni 2021
images

kandungan vitamin di dalam daun selada

Daun selada, atau orang biasa menyebut hanya dengan "daun sla". Banyak kita jumpai sebagai pelengkap makanan lalapan. Bisa juga untuk menu tambahan pada tahu campur, gado-gado, salad sayur, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tahukah anda, bahwa banyak kandungan vitamin di dalam daun selada. Daun selada adalah sumber vitamin yang baik, termasuk vitamin A dan vitamin K yang sangat tinggi.

Bahkan, secangkir daun selada bisa memenuhi 82% kebutuhan vitamin A serta 60% kebutuhan vitamin K harian Anda.

Menurut laman Data Komposisi Pangan Indonesia dari Kementerian Kesehatan RI, 100 gram (g) daun selada mengandung komposisi sebagai berikut:

  • Air: 94.8 g
  • Protein: 1,2 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Karbohidrat: 2,9 g
  • Serat: 1,8 g
  • Kalsium: 22 miligram (mg)
  • Fosfor: 25 mg
  • Besi: 0.5 mg
  • Natrium: 19 mg
  • Kalium: 186.4 mg

Selada bukan hanya dilengkapi oleh kandungan karbohidrat, protein, serat dan sedikit lemak.

Sayuran berdaun hijau ini juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti mineral zat besi, kalium, kalsium, folat, dan serat dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan gizi harian Anda.

Meski kaya kandungan gizi, Anda tak perlu khawatir dengan kalori dan lemak yang ada di dalam daun selada. Secangkir selada hanya mengandung 8 kalori dan sedikit sekali lemak.

 

Jadi, makan selada justru akan membuat Anda kenyang lebih lama tanpa takut bikin gemuk.