Logo Kamis, 5 Agustus 2021
images

Leandra, minuman teh seduh berasal dari kulit buah kopi

Efnews Malang - Tahukah kita, bahwa minuman kopi yang kita nikmati adalah berasal dari buah yang dikenal sebagai ceri kopi? Dan seperti buah pada umumnya, ceri kopi juga memiliki kulit dan daging buah.

Lantas, jika biji kopinya kita minum, ke mana kulit dan daging buahnya? Selain biji kopi yang biasa digiling dan dijadikan minuman kopi yang kita minum, ternyata limbah kulit kopi yang tidak terpakai, yang biasa disebut cascara, dapat diolah dan memiliki banyak manfaat.

Teh yang dibuat menggunakan kulit ceri kopi ini banyak diminati di berbagai daerah karena kaya akan antioksidan. Mari kita simak bersama pembahasan mengenai cascara dan manfaatnya. 

Cascara dibuat bersamaan dengan proses pemilihan biji kopi. Biasanya ceri kopi dijemur terlebih dahulu di bawah paparan sinar matahari. Kemudian, ada proses pemisahan biji kopi yang sudah dan belum matang yang dinamakan proses washed. Setelah itu, baru kemudian akan dilakukan proses pemisahan antara biji dan kulit ceri kopi. Kulit kopi inilah yang nantinya akan diproses kembali untuk menjadi cascara.

Leandra, Coffee Cherry Tea adalah salah satu minuman teh seduh yang berasal dari kulit buah kopi. Produk ini merupakan produk yang baru saja dikeluarkan oleh Ellen Thiastiane.

Ellen Thiastiane yang hobinya traveling, untuk sekedar ngopi, dan bersantai bersama suami dan anaknya, Leandra. Berawal dari hobinya ini, akhirnya Ellen memutuskan untuk membuat produk berupa minuman teh seduh yang berasal dari kulit buah kopi.

Produk ini dibuat khusus dari kulit kopi jenis Arabica. Karena arabica punya daging buah yang lebih tebal, jadi rasa dan warnanya bisa keluar. Dan dipilih dari buah yg dipetik saat sudah merah. 

Sementara jenis kopi robusta tidak dipilih untuk teh cascara karena kulitnya tipis.

Lantas, apa saja manfaat dari teh cascara? Berikut ini akan diulas beberapa manfaatnya.

Manfaat Teh Cascara

Selain memiliki cita rasa yang tinggi, teh cascara ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya,

(1) Melindungi lambung

Cascara mampu mencegah produksi asam lambung berlebih. Oleh sebab itu, anda yang mempunyai penyakit maag dianjurkan untuk meminum teh cascara terlebih dahulu sebelum minum kopi.

(2) Mencegah penyakit kanker

Cascara atau kulit kopi mengandung antioksidan yang dapat meminimalisir pengaruh buruk radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan ataupun menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker.

(3) Mengencangkan kulit

Cascara kaya akan manfaat vitamin C dan E yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

(4) Mencegah penyakit jantung

Radikal bebas dapat merusak sel-sel dalam tubuh kita, yang kemudian dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti meningkatkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein)/kolesterol jahat. Peningkatan kadar kolesterol dapat menyebabkan penimbunan pada dinding pembuluh darah yang berujung kepada penyakit jantung. Dengan mengonsumsi teh cascara yang mengandung antioksidan, dapat mengurangi kadar LDL tersebut.

(5) Mencegah penuaan dini

Manfaat antioksidan pada cascara, selain dapat menjaga daya tahan tubuh, juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini, meminimalisir keriput dan garis halus, dan melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet.

(6) Menambah energi

Meminum segelas cascara hangat akan membantu mengembalikan energi yang dibutuhkan. Cascara dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin meminum kopi namun takut kesulitan tidur. 

(Ellen Thiastiane, dan dari berbagai sumber)