Logo Selasa, 22 Juni 2021
images

manfaat donor darah secara rutin bagi tubuh kita

Ternyata donor darah tak hanya dibutuhkan saat kondisi darurat saja, Anda bisa menjadikannya sebagai kebiasaan sehat yang bisa dilakukan setiap dua bulan sekali untuk mendapatkan manfaat kesehatan secara maksimal.

Sel-sel darah umumnya diproduksi setiap tiga bulan sekali. Itu sebabnya akan lebih bermanfaat jika kita bisa memberikannya kepada pasien yang membutuhkan pasokan darah tambahan.

  

Selain bisa menolong nyawa orang lain, donor darah juga bisa membuat tubuh Anda lebih sehat. Pasalnya sel-sel darah diproduksi lebih cepat sebelum rusak sehingga aliran darah ke seluruh tubuh pun lebih lancar.

Tak hanya itu, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer drg Saraswati MPH menambahkan, biasanya sebelum memberikan darahnya, pendonor akan menjalani pemeriksaan kesehatan mulai dari pengukuran tekanan darah, kekentalan darah hingga tingkat hemoglobin.

"Otomatis status kesehatannya di cek setiap dua bulan karena sebelum mendonor akan diperiksa dulu tensi, tingkat kekentalan darah dan jumlah hemoblobinnya. Jadi, bisa ketahuan oh tensi saya lagi naik nih, atau sebaliknya sedang rendah nih sehingga bisa melakukan upaya kesehatan selanjutnya," terang Saraswati.

Ia menambahkan, jika dalam pemeriksaan kesehatan calon pendonor terdeteksi mengalami hipertensi maka tidak disarankan untuk mendonorkan darahnya. Pasalnya donor darah ketika tingkat tekanan darah memuncak bisa memicu risiko stroke atau serangan jantung.

 

"Jadi, memang tekanan darahnya harus dalam kondisi normal. Kalau yang sudah biasa donor, ketika berhenti itu malah badan jadi nggak enak, sering pusing. Makanya bikin ketagihan," jelas Saraswati.

Seperti yang dilakukan oleh Dimas Irawan (30th), seorang karyawan rumah sakit swasta yang ada di kota Malang ini. Pria yang merupakan penggemar klub sepak bola Persija ini, selalu rutin melakukan donor darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI).

Menurutnya kepada Efnews (22/4/2021), donor darah membuat tubuhnya lebih terasa sehat. Oleh karena itu pria ini selalu mendonorkan darahnya secara rutin. Dan juga selalu menjaga kesehatannya dengan olahraga dan makan makanan yang bergizi.

 

 

Sumber : https://www.suara.com/health/2018/07/03/163233/ini-manfaat-kesehatan-donor-darah-rutin-dua-bulan-sekali