Logo Kamis, 5 Agustus 2021
images

Manfaat Mengenalkan Warna Kepada Anak-anak

Efnews Malang – Anak-anak balita sangat senang bermain warna. Baik itu melalui media crayon, cat air, playdough (plastisin), ataupun media lainnya. Setiap benda berwarna tentu menarik perhatian anak-anak.

Ternyata, ada psikologi anak terhadap warna tersebut yang dapat kita ketahui. Apa sajakah itu? Mari kita simak berikut ini.

  1. Apabila anak menyukai warna vocal saja seperti warna hijau, merah, biru dan kuning anak akan cenderung aktif dan agresif ketika bertindak.
  2. Apabila anak suka mencampurkan dua warna atau lebih maka anak lebih kreatif dan sangat berimajinatif.
  3. Apabila anak menyukai warna yang kurang cerah, maka anak cenderung lebih pendiam dan pasif.

Serta manfaat apa saja dari pengenalan warna-warna pada anak, dapat kita lihat dibawah ini.

  1. Warna-warni akan menumbuhkan otak untuk anak usia 0 – 10 tahun pada otak dan syaraf tubuh yang lain.  Di usia tersebut syaraf otak anak dapat tersambung secara optimal.
  2. Mengenal warna-warni akan menyenangkan anak dan membuat anak tidak bosan ketika belajar atau bereksplorasi.
  3. Guru akan mudah mengenalkan warna , melalui benda-benda konkret yang ada di sekitar anak. Contoh mengenalkan warna melalui buah-buahan, apel warna merah, jambu warna hijau , anggur warna ungu dan yang lain nya.
  4. Dari mengenal warna dengan tepat menjadikan anak normal dan tidak buta terhadap warna. Karena salah satu yang menjadi syarat dari seorang anak berpendidikan baik mengetahui warna-warna di sekitarnya dengan baik.

 

Nah, ternyata banyak juga manfaat mengenalkan warna pada anak-anak ya. Jadi sekarang bisa mulai mengenalkan warna-warna kepada anak-anak dengan lebih sering ya... (dari berbagai sumber)