Logo Rabu, 8 Desember 2021
images

Panen Jeruk di Masa PPKM Desa Karangwidoro Kabupaten Malang ( Pak Joko dengan hasil panen jeruknya)

Efnews.id - Berita Tani, Sore ini, Jumat (27/8/2021) panen jeruk sedang berlangsung di Desa Karangwidoro, Kecamatan Dau. Pada saat PPKM seperti sekarang ini, petani jeruk sangat merasa bersyukur.

"Masa PPKM sekarang ini, sungguh mendatangkan berkah atau rezeki dikarenakan meningkatnya daya beli masyarakat terhadap buah jeruk" ujar Pak Joko Mulyono, petani jeruk di Desa Karangwidoro.

Sebelum masa pandemi, pria yang akrab disapa Pak Joko ini sempat vakum selama 2 tahun,  tidak bertani jeruk. Hal ini dikarenakan harga jeruk murah, tidak seimbang dengan biaya operasional juga pembelian obat tani. Sekarang, kabar baiknya hasil petani jeruk di masa PPKM ini sangat menggiurkan. Dimana hasil kebun jeruk seluas 1 ha bisa menghasilkan 40-50 ton. Dengan harga jeruk perkilo 7000/kg.

Bila dibandingkan dengan sebelum masa pandemi akibat virus corona, harga jeruk hanya Rp. 3500,- sampai dengan Rp. 4.000,- /kg. Dengan meningkatnya daya beli masyarakat, maka petani semangat bertani jeruk.

"Namun, bila dilihat dari sisi perhatian, Dinas Pertanian sangat kurang memperhatikan para petani jeruk di kelompok petani jeruk kecil. Dibutuhkan perhatian khusus"
harap Pak Joko, menutup pembicaraan dengan reporter Efnews.id

Namun untuk saat ini,  petani tetap semangat untuk bertani jeruk, di karena harga jeruk masih bagus (masih mengguntungkan). Dengan jawaban Pak Joko ini mematahkan sebagian pandangan negatif masyarakat terhadap hasil pertanian di masa PPKM.

 

Reporter : M. Simamora