Logo Selasa, 22 Juni 2021
images

Penyerahan lelang lukisan “3 Tokoh NU Malang" kepada Wakil Bupati Malang

Efnews Malang, Selasa, (20 April 2021), PC Lesbumi NU Kab. Malang diterima langsung oleh Wakil Bupati Malang di  ruang kerjanya, yaitu di Ruang Sri Rajasa Lt.3 Pemkab. Malang.

Rombongan PC Lesbumi NU yang di pimpin langsung oleh Ketua PC Lesbumi yaitu KRT Mpu Arum Fanani Notopuro, Lukman Huda, KRT. Yusuf Tanoko dan Edy Supriyanto, memang sudah di agendakan jauh-jauh hari. Hal ini  mengingat sebagai Rangkaian Kegiatan Harlah Lesbumi NUke 59 yang bertepatan pada 28 Maret 2020.

Selasa pagi tersebut adalah penyerahan Lelang Lukisan “3 Tokoh NU  Malang“ yang dibeli langsung oleh Bapak Didik Gatot Subroto selaku Wakil Bupati Malang. Yang menarik adalah lukisan ini dibuat bersamaan dengan acara puncak Harlah Lesbumi ke 59 di Pendopo Agung Pemkab. Malang. Dengan salah satu agenda menampilkan pementasan paraseniman Lesbumi NU yang ada di beberapa Lesbumi Kecamatan di Kab. Malang.

Menurut Mas Edy Supriyanto sang pelukis tersebut, penggarapan lukisan dilakukan dengan melibatkan banyak tokoh yang hadir untuk ikut menggoreskan cat minyak yang sudah di sediakan panitia. Dengan maksud agar para tokoh yang hadir juga mengenal para Tokoh pejuang NU Kab. Malang yang sudah berjasa pada sejarah PBNU sejak beridirinya NU di tahun 1926.

Acara penyerahan lukisan kepada Bapak Didik Gatot Subroto dilanjutkan dengan ramah tamah yang di awali oleh penyampaian rasa terimakasih kepada PC Lesbumi Malang. Karena sudah mengadakan acara di Pendopo Agung, dengan begitu Pemkab Malang dapat mengenal langsung kiprah Lesbumi NU dalam turut menjaga dan melestarikan budaya nusantara melalui Lesbumi.

Tentu sebuah apresiasi yang tinggi dari Pemkab khususnya kepada ormas NU yang masih menjaga warisan budaya nusantara ditengah gempuran budaya import belakangan ini. Diskusi yang terkait budaya Islam Nusantara yang digagas PBNU pun mengalir, seperti yang dikemukakan oleh Mas Yusuf Tanoko, bahwa Lesbumi memiliki 7 Strategi budaya yang disebut ”Saptawikrama”. Dimana dangan saptawikrama Lesbumi bertekat terus menjaga, merawat dan melestarikan seluruh warisan budaya leluhur sebagai kekuatan identitas Nusantara. Maka tak heran Lesbumi saat ini menjadi Laskar terdepan PBNU dalam pembicaraan budaya yang dikemas dalam wacana Islam Nusantara.

Sontak saja bapak Didik Gatot Subroto yang memang sangat respek dengan budaya sangat senang dangan pemaparan wacana Islam Nusantara dan memberikan program khusus melalui Dinas Kesra yang saat itu mendampingi Bapak Dwi, untuk menindaklanjuti kegiatan Lesbumi dengan memfasilitasi kegiatan Lesbumi sebagai bentuk Apresiasi Pemkab Malang.

Tidak hanya sebatas itu saja, Lesbumi diminta untuk berpartisipasi di Hari Jadi Kabupaten Malang. Yang akan digelar bulan Nopember 2021, untuk terlibat dalam peringatan tersebut dengan menampilkan para seniman muda di Kabupaten Malang sebagai bagian dari program pelestarian budaya di tingkatan generasi muda.

Tentu saja rombongan PC Lesbumi sangat bangga dan berterimakasih. Seperti yang di sampaikan Mas Lukman Huda selaku Ketua Panitia Harlah Lesbumi, sangat antusias menanggapi tawaran dari Bapak Wakil Bupati Malang tersebut. Dilengkapi dengan penyampaian kalimat penutup dari Ketua PC Lesbumi untuk mempersiapkan program acara khusus. Mengingat ini adalah Hari Jadi Kabupaten Malang, maka harus dipersiapkan dengan serius dan matang. Rombongan PC Lesbumi memberikan ucapan terimakasih  kepada Bapak Didik Gatot Dubroto selaku Wakil Bupati Malang yang telah mendukung kegiatan Harlah Lesbumi dengan membeli langsung lelang lukisan serta memfasilitasi kegiatan Lesbumi kedepan.

Acara penyerahan lukisan “3 Tokoh NU Malang diakhiri dengan sesi foto bersama Wakil Bupati dan rombongan PC Lesbumi NU Kab. Malang. 

 

Reporter : Dimas Lokajaya