Logo Kamis, 5 Agustus 2021
images

Rujak Cingur, Salah Satu Makanan Yang Banyak Dicari di Kota Malang

Efnews - Warga Malang tentunya tidak asing lagi dengan makanan yang disebut rujak cingur. Rujak cingur adalah salah satu masakan populer di Jawa Timur. Khususnya di Kota Surabaya dan Kota Malang. Rujak cingur adalah menu makan siang yang berisi banyak sayur, buah, dan lauk-pauk tradisional diberi bumbu petis lengkap dengan cingur sapi.

Orang juga banyak menyebut rujak cingur sebagai rujak ulek, karena pembuatan bumbunya yang diulek dulu. Di dalam rujak cingur, biasanya menentukan enak atau enggaknya itu dari bumbunya. Selain itu juga, isiannya. Baru kemudian faktor lain seperti harga, lokasi, dan cara penyajian.

Dalam satu porsi rujak cingur, biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, krai, bengkuang, mangga muda, nanas, dan kedondong, lalu ada sayuran seperti kecambah, kangkung, kacang panjang, dan lauk-pauk seperti tahu, tempe, menjes atau tempe kacang, kemudian cingur.

Setelah semua diiris dalam satu porsi piring, baru disiram pakai bumbu ulek dari rujak cingur yang terbuat dari olahan petis, air, gula mera, gula, cabai, kacang tanah goreng, bawang goreng, garam, dan irisian pisang klutuk. Umumnya, rujak cingur dimakan pakai lontong, tapi kalau mau pakai nasi, enggak masalah juga. Sebagai tambahan, rujak cingur juga lebih mantap kalau dimakan pakai kerupuk.

Bahan-bahan rujak cingur tadi adalah bahan yang umum digunakan, tapi tidak menutup kemungkinan, penjual rujak cingur punya kreasi atau resep tersendiri untuk membuatnya menjadi rujak cingur yang enak. Sebenarnya, tidak susah menemukan rujak cingur di Malang. Bahkan di beberapa kompleks rumah penduduk pun, biasanya ada yang menjual rujak cingur.