Logo Selasa, 22 Juni 2021
images

Sekjen PSI Serukan Kader Doa Bersama dan Shalat Gaib untuk Kru Nanggala 402

Efnews - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa 53 kru KRI (Kapal Perang Republik Indonesia) Nanggala gugur dalam tugas. "Berdasarkan bukti-bukti otentik, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam, dan seluruh awaknya telah gugur," ucap Panglima TNI asal Malang tersebut dalam konferensi pers yang disiarkan langsung Puspen TNI dari Bandara Ngurah Rai, Bali, Minggu sore (25/4/2021).

 

Begitu Mabes TNI secara resmi menyatakan 53 kru KRI Nanggala-402 on eternal patrol (gugur dalam tugas), tak luput membuat Partai Solidaritas Indonesia (PSI) merasakan kesedihan dan duka yang mendalam.
Sekjen PSI Dea Tunggaesti mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas gugurnya para prajurit TNI kru Nanggala 402 dan menyerukan kepada seluruh kader PSI di Indonesia untuk doa bersama dan melakukan shalat Gaib.

 

"Prajurit kru KRI Nanggala 402 gugur menjadi kusuma bangsa. Selamat jalan ksatria terbaik bangsa. Semoga amal bakti kalian diterima di sisiNya," ucap Sis Dea, panggilan akrabnya diantara kader PSI.

 

“PSI sangat sedih saat mendengar statemen resmi Bapak Panglima TNI yang menyatakan para prajurit ini gugur. Kita kehilangan "Putra Indonesia" terbaik. Kita patut mendoakan mereka. Kami minta kader menggelar doa bersama dan shalat gaib untuk prajurit terbaik bangsa," seru Dea yang juga dosen di Program Pascasarjana Ilmu Hukum, Universitas Pancasila, Jakarta.

 

Sementara itu Anggota DPRD kota Malang, Dr. Jose Rizal Joesoef SE,Msi, juga sangat berduka begitu mendengar kapal selam buatan Jerman itu ditemukan terbelah menjadi tiga bagian di kedalaman 838 meter di bawah permukaan laut.

 

“Mereka yang on board, kebanyakan adalah pemuda, sepantaran anak sulung saya. Mereka semua husnul khotimah (berakhir dengan baik), yaitu ketika menjalankan tugas. Semoga Alloh senantiasa menyertai mereka dengan Rahman dan RahimNya, dan keluarga yg ditinggalkan diberi kekuatan lahir-batin dan kesabaran,” ujar Bro Rizal, kader Partai Solidaritas Indonesia terbaik kota Malang.

 

Sebagai info KRI Nanggala 402 yang juga dikenal sebagai Nanggala II, merupakan kapal selam kedua dalam jenis kapal selam kelas Cakra. KRI Nanggala berada di bawah kendali Satuan Kapal Selam Komando Armada RI Kawasan Timur dan diluncurkan pertama kali pada tanggal 10 September 1980.

 

Reporter: Francis Xavier