Logo Rabu, 8 Desember 2021
images

Sindu: Aku Bukan Homo beredar di YoutubeKids

Efnews.id - “Asli shock banget!!! Lula lagi nonton Little Angel terus tiba-tiba iklannya gini, astaghfirullah ... ini film anak-anak lho, begitu kutipan dari status WA yang beredar di jagad maya, akan adanya film kartun berjudul “Sindu: Aku Bukan Homo” beredar di sela-sela konten video musik anak di Youtube Kids pada 9 September 2021 lalu.

Rupanya Youtube Kids sedang kebobolan dengan iklan kartun yang sekilas sepertinya film anak-anak, namun kenyataannya melenceng jauh dari tema anak-anak dan bahkan kontennya membahayakan generasi bangsa. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga turun tangan dalam kasus ini dan terlihat Chanel YouTube nya sudah di take-down (dihilangkan dari peredaran).

Menurut sumber dari CNNIndonesia, Komisioner Partisipasi Anak KPAI, Jasra Putra saat dihubungi mengatakan akan mendalami konten Platform tersebut, karena jika mengandung konten negatif pornografi, maka tugas Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) lah yang berhak menurunkan video itu dari Internet.


Warganet pun juga riuh karena dipicu adanya iklan bernuansa LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) ini dan meminta pihak Youtube untuk segera memblokir akun Sin23 tersebut. Lirik video ini menjelaskan secara vulgar namun disertai gambar bergerak sebatang pisang dan buah-buah lain yang menggambarkan alat vital manusia. Walaupun berjudul “Sindu: Aku bukan Homo” namun videonya menggambarkan hal-hal yang berbau homoseksual.

Christanto, wakil sekretaris Partai Solidaritas Indonesia Kota Malang, yang juga pemerhati Budaya dan Pendidikan, juga menyayangkan atas kelalaian pihak YoutubeKids dalam menyaring iklan yang akan tayang. “Iklan Film tersebut muncul sebelum tayang lagu anak-anak. Sangat gila sekali. Sangat bertentangan dengan norma-norma ajaran agama. Semoga pemerintah bisa segera tanggap bertindak mengenai masalah ini, agar tidak merusak generasi bangsa,” ungkapnya saat dihubungi oleh EFNews.

“Seberapa bagus filter Youtube Kids, saya menyarankan agar selalu mendampingi anak dalam mengkonsumsi tayangan yang ada di Youtube Channel, agar kita sebagai orangtua, tahu apa yang sedang anak kita tonton,” tutup pria yang akrab dipanggil Bro Christ ini.

Reporter: Francis Xavier