Logo Rabu, 8 Desember 2021
images

Susuri Sungai Kayutangan sambil nikmati Jajanan Lawas Kampoeng Heritage Kajoetangan

 

Efnews.id - Kota Malang - Ada yang unik di Kampoeng Heritage Kajoetangan (KJT), gelaran event yang biasa dilakukan di plataran ombo atau sudut gang-gang KJT Kelurahan Kauman Kecamatan Klojen Kota Malang. Kali ini event diadakan di sepanjang bantaran sungai Kayutangan. Event itu namanya Parade Jajanan Lawas Ke-2 yang merupakan rangkaian 27 Virtual Event Kampung Tematik Kota Malang (Sabtu, 30 Oktober 2021).

 

Mila Kurniawati, Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) KJT menyampaikan bahwa parade kali ini dilaksanakan di pinggir sungai untuk menunjukan bahwa sungai KJT bersih dan trotoar sungai bisa dimanfaatkan untuk event dan pasar jajanan lawas di KJT. “Kini sungai Kayutangan menjadi sport baru untuk selfi dan susur Kali Kayutangan, selain paket susur kampung, paket medayoh (bertamu) dan paket kerontjongan nang Kajoetangan untuk wisata di Kampoeng Heritage Kajoetangan,” jelas Mila.

 

“Ada onde-onde, sawut, cenil, orem-orem, dadar gulung, minuman jamu, rempah rempah dan yang tidak kalah menarik ada roti om biku, roti jaman londo yang masih diproduksi di KJT,” tambah Mila saat menjelaskan kepada pemandu acara Mouzza Zee Lady Bikers dan MC Afrilia Wijayanti dari Forkom (Forum Komunikasi) Pokdarwis Kota Malang saat Parade Jajanan Lawas #2 KJT berlangsung.

Hadir juga di Parade Jajanan Lawas #2 KJT, Fitria Neverita, Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata) Kota Malang. “Menghidupkan kenangan di kampung kayutangan ini gampang, ternyata cukup dengan menggerakkan ibu-ibu PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga),”kata Mbak Fitria yang disambut ibu-ibu yang mendominasi acara ini. “Kami berharap wisata di Kampung Kayutangan ini kolaborasi dengan ibu-ibu PKK, kalau soal jajanan lawas karena mereka adalah ahlinya,” tambah Fitria yang juga Ketua TP-PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Kecamatan Kedungkandang.

 

Acara makin seru, selain pengunjung melihat langsung proses pembuatan jajan lawas di lokasi, pengunjung juga diajak keliling mengarak jajanan lawas di sepanjang bibir sungai. Tampil di depan Ki Demang, Ketua Forkom Kampung Tematik Kota Malang, yang memimpin Parade Jajanan Lawas bersama Pokdarwis KJT. “Ini menarik, dan bisa menjadi menu paket wisata KJT bahwa sebelum menikmati jajanan, ini dikelilingkan kampung sekaligus mengajak orang kampung sebagai penanda kebersamaan,” ujar Ki Demang yang bernama asli Isa Wahyudi.

Dalam sambutan virtual, Kepala Disporapar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, menyampaikan bahwa kedepan jajanan ini tidak hanya di karak dalam kampung saja, namun memungkinkan dikarak sepanjang koridor kayutangan. “Ini akan menjadi menu destinasi wisata KJT yang berada dalam kawasan Cagar Budaya Kota Malang jika kondisi sudah normal kembali untuk wisata. Kampung tematik sebagai kampung wisata di Kota Malang sudah boleh buka kembali karena sudah dilengkapi dengan protokol kesehatan, peduli lindungan dengan QRCode,” tegas Bu Ida.

 

Reporter: Francis Xavier