Logo Rabu, 8 Desember 2021
images

Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Vaksinasi

Efnews Malang - Penyebaran virus corona (covid-19) tiap waktu mengalami kenaikan. Sehingga banyak upaya yang terus dilakukan pemerintah daerah maupun pusat. Selain diberlakukannya PPKM darurat, vaksinasi untuk mengurangi penyebaran virus ini terus dilakukan melalui dinas-dinas yang terkait.

Sampai hari ini, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan vaksin. Ada juga yang masih belum siap, karena memiliki riwayat penyakit tertentu. Dan berbagai alasan lainnya.

Lalu bagaimanakah tips agar tubuh kita siap sebelum menerima vaksin ? Simak tips nya di bawah ini ya !

  • Hindari Alkohol. Dalam beberapa keadaan, alkohol dapat mempercepat reaksi alergi. Konsumsi alkohol juga disebut bisa mengurangi kemampuan kerja vaksin dalam beberapa minggu pertama setelah penyuntikan. Ini karena alkohol bisa mengganggu kerja imun, sehingga tubuh akan kesulitan melawan infeksi virus yang masuk ke tubuh.

 

  • Tidak Berolahraga Berat. Pastikan untuk menghindari olahraga berat 2 jam sebelum dan sesudah vaksinasi. Hindari juga mandi air panas 2 jam sebelum dan sesudahnya, karena olahraga dan mandi air yang kuat dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang.

 

  • Memaksimalkan Sistem Imun. Memiliki sistem kekebalan yang paling optimal juga merupakan salah satu persiapan sebelum vaksin COVID-19. Kamu bisa mengkonsumsi campuran vitamin dan mineral yang tepat untuk membantu memperkuatnya. Meski sejauh ini belum ada data ilmiah yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin, mineral, atau probiotik sebelum vaksinasi akan mencegah reaksi alergi, tidak ada salahnya untuk melakukan hal-hal yang disarankan dokter untuk membantu meningkatkan imun.

 

  • Tidur Cukup. Sebelum mendapatkan vaksin, kamu juga harus mendapatkan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. Setelah vaksin, kamu juga perlu istirahat karena sangat mungkin reaksi seperti nyeri tubuh, menggigil, dan demam ringan terjadi. Jadi dengan beristirahat, kamu bisa memaksimalkan tubuh untuk melawan efek samping ini.

 

  • Kelola Stres. Faktanya, stres sangat berpengaruh pada kerja imun. Selain itu, stres berkepanjangan bisa meningkatkan produksi kortisol dan stres oksidatif pada tubuh, sekaligus menurunkan tingkat limfosit (sel darah putih) yang berfungsi mencegah infeksi.

 

Jadi, sebelum divaksin, alangkah baiknya kita mempersiapkan diri dulu dengan baik dan sehat ya... (dari berbagai sumber)