Logo Selasa, 22 Juni 2021
images

Pak Sevrina, berziarah ke makam orang tuanya

Suku Batak adalah suku yang sangat kental dengan budayanya. Salah satunya adalah budaya ziarah ke makam leluhur atau keluarga.

Biasanya tradisi ini dilakukan pada saat acara Paskah, dalam keyakinan umat Kristiani.  Di setiap desa biasanya masyarakat beramai-ramai pergi ke makam orang tua, atau leluhur hanya untuk sekedar membersihkan dan mengenang kaum leluhur mereka.

Tetapi, masih ada juga yang berkeyakinan jika mereka berdoa di makam leluhur, maka doa mereka akan segera terjawab. Hal itu biasanya dilakukan bagi yang mengalami sakit penyakit yang tidak kunjung sembuh, sulit mendapat jodoh, atau sulit mendapat keturunan (anak). Mereka cukup yakin sahala (roh nenek moyang,red) bisa menjawab keluh kesah mereka.

Seperti yang dilakukan oleh Pak Sevrina, begitu bapak ini biasanya dipanggil.  Bapak yang tinggal di Desa Bantun Kerbo (Sumut) ini terlihat tersenyum bahagia, saat sedang berada di makam orang tuanya.  Bapak yang memiliki 4 orang anak ini memberikan penghormatan kepada orang tuanya yang telah tiada dengan cara membersihkan makamnya.